Stasiun Kereta Api Poncol Semarang

Stasiun Semarang Poncol (SMC) atau disebut juga dengan Stasiun Poncol adalah stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Purwosari, Semarang Utara, Kota Semarang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +3 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang dan merupakan stasiun terbesar kedua di Kota Semarang setelah Stasiun Semarang Tawang.

Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS) didirikan pada tahun 1895 dan mendapat konsesi izin dari Pemerintah Kolonial Hindia Belanda untuk membangun jalur kereta api dari Semarang menuju Cirebon. Perusahaan ini berkantor di Tegal, dan mulai membangun jalur kereta apinya pada tahun 1895 hingga akhirnya rampung pada tahun 1897.

SCS memfokuskan pengangkutan penumpang dan barang (khususnya gula, minyak bumi, dan pupuk) di lintas Semarang–Pekalongan–Tegal- Cirebon

Untuk mengurangi penumpukan penumpang dan barang di Semarang, dibutuhkan adanya stasiun yang besar. SCS memiliki stasiun sendiri, yaitu Semarang SCS atau Semarang-West, begitu pula di Cirebon, ada Cirebon SCS.

Bangunan Stasiun Semarang SCS yang sekarang ini ada sejatinya merupakan stasiun yang dibangun pada tahun 1914; dirancang oleh arsitek Henr M.C.seorang arsitek berkebangsaan Belanda. Stasiun ini difungsikan untuk menggantikan Stasun Pendirikan yang ada lebih dahulu.

Tidak seperti karya Pont yang pertama (Kantor SCS Tegal—yang tidak memiliki keistimewaan apa pun dari sisi arsitekturnya), karya Pont yang satu ini pernah ikut ambil bagian dalam forum internasional Paris Exposition di Perancis, 1925.

Dahulu stasiun ini terpisah sambungannya dengan Stasiun Semarang Tawang pada jarak sejauh 2,5 km.

Setelah Djawatan Kereta Api mendata stasiun-stasiun seluruh Indonesia pada tahun 1950-an, Stasiun Semarang-West ini kemudian diberi nama Semarang Poncol.

Check www.getshotel.id for more information

    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *