Tahukah Kamu Siapa Itu Emmy Saelan?

Emmy Saelan (lahir di Malangke, Luwu, Sulawesi Selatan, 15 Oktober 1924 – meninggal di Makassar, 23 Januari 1947 pada umur 22 tahun) adalah salah seorang pejuang wanita dan Pahlawan Nasional Indonesia.

Kala itu, 23 Januari 1947, Emmy memimpin 40 orang bertempur di Kampung Kasi-Kasi. Dari 40 orang yang dipimpin oleh Emmy, hanya 1 regu yang bersenjata api, lainnya masih menggunakan senjata tradisional.

Pertempuran itu sendiri dikoordinasikan oleh Wolter Monginsidi yang sedang berada di Kampung Tidung.
Dikisahkan, Monginsidi memerintahkan Emmy untuk mundur ke Kasi-Kasi setelah musuh semakin gencar menyerang dengan tank-tank, padahal Emmy juga sedang membawa korban-korban luka.

Emmy pun memimpin rombongannya untuk mundur, namun apa mau dikata, itu sudah terlambat. Emmy semakin terdesak dan terkepung. Tentara Belanda memerntahkannya untuk menyerah, apalagi semua teman Emmy sudah tewas tertembak kecuali Emmy sendiri.

Emmy tidak peduli dengan perintah Belanda, untuk terakhir kalinya, Emmy melemparkan granat ke tengah-tengah tentara Belanda, sejumlah tentara Belanda tewas terbunuh, termasuk Emmy sendiri.

Emmy Saelan yang mempunyai keturunan Kerajaan Luwu ini harus gugur di usianya yang masih gadis berumur 22 tahun.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *